PANAH MERAH

Sahabat Petani Yang Paling Baik

Safe Room

Bahasa id Indonesia

Peringati Hari Kartini, EWINDO Tingkatkan Peran Wanita di Sekor Pertanian

Selasa, 10 Mei 2022 00:00

Lampung, 21 April 2022. EWINDO tidak hanya membina petani wanita, tetapi juga pedagang dan pelaku usaha wanita lain yang terlibat di rantai pasok agribisnis hortikultura. EWINDO mengadakan acara diskusi untuk memperingati Hari Kartini dengan tema  “Peran Perempuan Hebat dalam Mewujudkan Pertanian Indonesia” di Lampung pada tanggal 21 April 2022 kemarin. Acara yang dihadiri oleh Commercial Director EWINDO Ganesh Pamugar Satyagraha, General Manager Corporate Affairs EWINDO Fransiska Fortuna beserta para narasumber Desmalia, petani wanita, Warsini pedagang hasil pertanian dan Misbahul Umam distributor benih sayuran dan sarana pertanian memberikan gambaran peran para Wanita dalam mendukung pertanian. Dalam diskusi tersebut, isu yang perlu diperhatikan adalah jumlah petani Wanita yang semakin berkurang khususnya di daerah Lampung. Mayoritas dari petani Wanita tersebut memilih pertanian bukan menjadi profesi utama namun karena kondisi ekonomi dan keterbatasan akses Pendidikan. Oleh karena itu, Desmalia yang merupakan petani Wanita inspiratif di Lampung setuju dalam menghadapi isu tersebut membutuhkan dukungan baik terutama berupa pembinaan pelatihan budidaya tanaman hingga kemampuan wirausaha.


Managing Director EWINDO, Glenn Pardede memercayai bahwa peran Wanita sangat penting dalam mewujudkan kemandirian dan kedaulatan pangan keluarga dan negara. Oleh karena itu, EWINDO memberikan perhatian besar dalam pembinaan perempuan di sector pertanian khususnya agribisnis hortikultura.


Tidak hanya memberdayakan wanita yang terlibat dalam rantai pasok agribisnis hortikultura, dalam proses produksi, EWINDO bahkan telah menyerap tenaga kerja wanita untuk memproduksi benih sayuran unggul berkualitas yang tersebar di Jawa Timur, Jawa Barat dan Banten dari posisi pembungaan/ polinasi tanaman, tenaga ahli penelitian dan juga posisi penting lainnya. EWINDO berharap dengan fokus besar terhadap Wanita mampu membuka kesempatan-kesempatan lebih baik untuk mereka dan pada akhirnya kontribusi para wanita juga mendukung pada kesejahteraan keluarga sekaligus aspek bisnis berkelanjutan.