PANAH MERAH

Sahabat Petani Yang Paling Baik

Bahasa id Indonesia

Terminologi Ketahanan Penyakit



Apa artinya?

Di bawah ini kita akan menemukan definisi istilah yang menggambarkan reaksi tanaman terhadap patogen untuk industri benih sayuran (berdasarkan versi yang disetujui oleh ISF, Mei 2017).

Definisi Ketahanan Penyakit

Imunitas (IM): tidak terkena serangan atau infeksi oleh hama atau patogen tertentu.

Perlawanan: kemampuan varietas tanaman untuk membatasi pertumbuhan dan perkembangan hama atau patogen tertentu dan / atau kerusakan yang diakibatkannya bila dibandingkan dengan varietas tanaman yang rentan dalam kondisi lingkungan dan tekanan hama atau patogen serupa. Varietas resisten dapat menunjukkan beberapa gejala penyakit atau kerusakan pada tekanan hama atau patogen berat.

Dua macam ketahanan penyakit:

Sangat Tahan (HR): varietas tanaman yang sangat membatasi pertumbuhan dan perkembangan hama atau patogen yang ditentukan di bawah tekanan hama atau patogen normal bila dibandingkan dengan varietas yang rentan. Varietas tanaman ini mungkin menunjukkan beberapa gejala atau kerusakan pada tekanan hama atau patogen berat.
Cukup Tahan (IR): varietas tanaman yang membatasi pertumbuhan dan perkembangan hama atau patogen tertentu, namun mungkin menunjukkan gejala atau kerusakan yang lebih besar dibandingkan varietas yang sangat tahan. Varietas tanaman resisten menengah masih akan menunjukkan gejala atau kerusakan yang kurang parah dibandingkan varietas tanaman yang rentan saat ditanam dalam kondisi lingkungan dan / atau tekanan hama atau patogen yang serupa.
Kerentanan: ketidakmampuan varietas tanaman untuk membatasi pertumbuhan dan perkembangan hama atau patogen tertentu.