PANAH MERAH

Sahabat Petani Yang Paling Baik

Bahasa id Indonesia

Yayasan Bina Tani Sejahtera Gelar Ekspo Teknologi Sayuran

Kamis, 27 Agustus 2015 00:00

Soe, 27 Agustus 2015 - Sejumlah 200 petani dari beberapa desa di Kabupaten Timor Tengah Selatan dan Nusa Tenggara Timur mengikuti rangkaian kegiatan yang diselenggarakan oleh Yayasan Bina Tani Sejahtera (YBTS) bersama EWINDO dalam rangka Gelar Teknologi Sayuran dan Ketangguhan Petani”.  Dengan dibuka oleh Bupati TTS Paulus V.R. Mella dan turut hadir pula ketua YBTS Edwin Saragih, acara ini bertujuan untuk memotivasi agar para petani bisa meningkatkan kesejahteraan mereka dan mengajarkan teknologi tepat untuk budidaya sayuran selama musim kering.

Berdasarkan data BPS produksi sayuran di Provinsi NTT sebesar 47,701 ton pada tahun 2013, hanya 0,43% dari produksi sayur nasional, dan secara kuantitas menurun dari produksi sayuran di NTT pada tahun 2011 yaitu sebesar 66.000 ton. Hal ini disebabkan utamanya oleh musim kemarau panjang di daerah NTT khususnya. Selain acara-acara diatas, EWINDO juga memanfaatkan kesempatan ini untuk memperkenalkan 20 varietas unggul sayuran dan promosi 3 sayuran daun (trio leafies) yaitu bayam, caisim dan kangkung. Dengan adanya promosi ini diharapkan adanya peningkatan konsumsi sayuran demi asupan nutrisi keluarga khususnya anak-anak di NTT. Sayuran-sayuran ini memang dipilih karena tidak hanya mudah ditanam juga bisa dipanen hanya dalam waktu 3 minggu.

Proyek ini sudah dimulai dari awal tahun 2014 di tiga desa yaitu Ponain, Kotabes dan Tubuhue dengan menyasar kepada lebih dari 400 kepala keluarga. Dengan demikian, harapan besar dari proyek ini agar bisa membentuk petani yang tangguh dan sejahtera di tengah ancaman kekeringan di desa mereka masing-masing. Ketua YBTS Edwin Saragih menambahkan bahwa dengan semua rangkaian kegiatan yang telah dan sedang dilakukan YBTS dan Ewindo diharapkan mampu meningkatkan tidak hanya suplai nilai gizi sayuran untuk para keluarga yang tinggal di pedesaan namun juga menumbuhkan perekonomian mereka.