PANAH MERAH

Sahabat Petani Yang Paling Baik

Safe Room

Bahasa id Indonesia

Webinar Gizi Seimbang Untuk Meningkatkan Imunitas di Era New Normal

Selasa, 25 Agustus 2020 00:00
Industri makanan di seluruh dunia cenderung menempatkan pemikiran masyarakatnya dengan “menormalkan” konsumsi makanan yang tidak sehat. Namun, sehubungan dengan menyebarnya wabah COVID-19 yang hingga saat ini masih berkembang, masyarakat mulai bijak dan cerdas dalam memilih apa-apa saja yang mereka konsumsi setiap harinya, terutama menyangkut suplai gizi yang dibutuhkan untuk ketahanan tubuh selama masa wabah COVID-19 ini. Menanggapi tantangan ini, PT East West Seed Indonesia, atau yang lebih dikenal dengan EWINDO, menyelenggarakan webinar gratis untuk umum, dengan topik seputar Gizi dan Imunitas.
 
Webinar yang diselenggarakan selama 90 menit, mengeksplorasi pembahasan mengenai implikasi wabah COVID-19 yang berkepanjangan dan "new normal", baik dari sudut pandang publik, maupun ahli gizi profesional. Asep Harpenas, selaku Research and Development Director PT East West Seed Indonesia, menuturkan “Pada masa pandemi ini masyarakat mulai belajar untuk berswadaya dengan menanam makanan mereka sendiri di rumah.
Tren berkebun ini dilakukan untuk memenuhi kebutuhan pangan keluarga yang sehat dan aman. Hal ini sejalan dengan program urban farming yang dicanangkan EWINDO.
 
Dengan program ini, kami berupaya untuk mendorong masyarakat, khususnya generasi milenial, untuk meningkatan kegiatan berkebun di lahan sempit, yang tidak hanya dapat membantu pemenuhan gizi keluarga, namun juga dapat menjadi alternatif sumber pendapatan.” Dalam kesempatan ini pun, Fasty Utami, peneliti dan dosen gizi dari Universitas Gadjah Mada menjelaskan, “Diet yang seharusnya diterapkan sehari-hari adalah Diet Gizi Seimbang, yaitu diet yang menyeimbangkan antara sumber protein, karbohidrat, dan lemak yang mengacu pada pedoman Gizi Seimbang yang diatur pada Peraturan Menteri Kesehatan RI NO. 41 Tahun 2014. Diet ini mengacu pada ragam makanan dan golongan sayuran yang harus dikonsumsi untuk selalu menjaga kekebalan tubuh.” Selain itu, Dr. Susianto MKM, salah satu narasumber yang merupakan dosen Kesehatan Masyarakat STIKes dan konsultan gizi RS Royal Progress Jakarta, menambahkan “Meningkatkan Imunitas semestinya tidak hanya dilakukan dalam situasi dan kondisi seperti saat ini, tetapi juga pada keseharian kita, dengan tetap menjaga pola makan yang dapat kita atur melalui sistem ‘piringku’ dengan asupan gizi yang tepat.”