PANAH MERAH

Sahabat Petani Yang Paling Baik

Bahasa id Indonesia

EWINDO Luncurkan Benih Kacang Hijau varietas VIMA 1

Kamis, 08 November 2018 00:00
Indonesia memang sangat kaya dengan kekayaan hayati yang tersebar dari Sabang hingga Merauke. Keragaman tersebut bisa memberikan banyak manfaat bagi manusia. Di bidang pangan, Indonesia sangat bergantung dengan tanaman padi yang sudah menjadi kebutuhan utama dalam asupan makanan setiap hari. Namun kenyataannya, masih belum meratanya persediaan beras di seluruh daerah Indonesia membuat permasalahan kekurangan gizi atau kelaparan masih terjadi. Hal kecil yang bisa kita manfaatkan lainnya dari keragaman hayati Indonesia adalah kacang hijau. Ya, Kacang hijau masih belum banyak diketahui memiliki kandungan gizi yang tidak kalah dengan nasi. 
Kacang hijau bisa menjadi sumber protein nabati yang baik karena dalam 100 gram kacang hijau terdapat 23 gram protein. selain itu, kandungan serat tinggi sebesar 16,6 gram dalam setiap 100 gram-nya dan memiliki kandungan vitamin dan mineral yang lengkap. Dengan kandungan dan nilai gizi yang tinggi, kacang hijau bisa menjadi sebagai salah satu sumber utama bahan makanan yang bermanfaat bagi kesehatan juga mencegah stunting yang menjadi masalah pelik di Indonesia hingga saat ini.
 
PT East West Seed Indonesia (EWINDO) bekerja sama dengan program kerjasama Pemerintah Indonesia – Australia, Promoting Rural Income through Support for Markets in Agriculture (PRISMA) mengadakan diskusi yang mengangkat tema “Benih Unggul untuk Mensejahterakan Petani, Meraih Ketahanan Pangan dan Pencapaian Nutrisi”. Di acara ini, EWINDO juga melakukan peluncuran benih kacang hijau berkualitas varietas VIMA 1 untuk menyediakan benih unggul berkualitas untuk petani kacang hijau sehingga para petani kacang hijau dapat meningkat produktivitas guna memenuhi kebutuhan benih kacang hijau Indonesia yang mencapai 6000 ton per tahun dan jumlah konsumsi nasional sebanyak 280.000 ton per tahun. 
 
Benih kacang hijau VIMA 1 merupakan hasil seleksi dari BALITKABI (Balai Penelitian Tanaman Aneka Kacang dan Umbi) dengan keunggulan yaitu umur genjah, panen serempak dan potensi hasil yang tinggi. Selain itu, varietas ini memiliki ketahanan terhadap penyakit embun tepung yang pada umumnya menjadi momok menakutkan untuk para petani kacang hijaunya. Harapannya adalah ketika produktivitas kacang hijau meningkat dan memiliki kualitas tinggi, maka akan berdampak positif kepada peningkatan konsumsi nasional juga membantu dalam pemenuhan gizi di masyarakat yang sejalan dengan program pemerintah.