PANAH MERAH

Sahabat Petani Yang Paling Baik

Bahasa id Indonesia

EWINDO Gelar Expo Pertanian Hortikultura di Kabupaten Sorong, Papua Barat

Kamis, 15 Desember 2016 00:00
Masih banyak petani yang mengalami kesulitan dalam akses informasi mengenai budidaya hortikultura. Pada tanggal 15 Desember 2016 EWINDO menggelar Ekspo Pertanian Hortikultura di Desa Walal, Kecamatan Salawati, Kabupaten Sorong, Papua Barat. Acara ini adalah kelanjutan dari kerjasama EWINDO bersama Promoting Rural Income Through Support for Markets in Agriculture (PRISMA) yang sudah berjalan lima tahun. Acara ini dihadiri oleh oleh Plt. Bupati Sorong Drs. Musa Kamudi, M.Si, Kadis Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura Kabupaten Sorong Ir. Benyami dan Senior Product Manager EWINDO Wakrimin serta tamu undangan lainnya.
 
Acara ini dimaksudkan untuk memberikan akses informasi tentang cara budidaya yang baik dan benar melalui pelatihan dan demo plot kepada petani sekitar. Dihadiri oleh 200 petani, 50 penyuluh pertanian dan 10 pedagang dari lima kecamatan, semua partisipan juga diperkenalkan dengan beberapa varietas unggul yang sebagian besar toleran terhadap perubahan iklim yang ekstrim. Acara ini juga sebagai komitmen EWINDO untuk mengembangkan pertanian hortikultura dan pendapatan petani di wilayah Indonesia Timur. 
 
 
“Para petani peserta kegiatan ini diberikan pendampingan mulai dari pengolahan lahan sampai dengan pengemasan produk pertanian serta membuka akses pasar untuk dapat membantu peningkatan pendapatan mereka. Kami optimis ketahanan pangan di Indonesia Timur khususnya untuk sayuran dapat segera tercapai,” ujar Wakrimin Senior Product Manager.
 
Lebih lanjut, EWINDO dan PRISMA sudah menjalankan program yang didukung oleh Pemerintah Papua dan Papua Barat yang berfokus dalam meningkatkan tingkat produktivitas sayuran. Dengan program ini, diharapkan bisa membantu 6350 petani di daerah setempat dan beberapa daerah lainnya seperti Merauke, Jayapura, Timika dan Keerom untuk daerah Papua dan untuk Papua Barat di daerah Sorong, Sorong Selatan, Tambraw, Kota Sorong, Manokwari dan Manokwari Selatan.