PANAH MERAH

Sahabat Petani Yang Paling Baik

Bahasa id Indonesia

EWINDO Expo 2017

Senin, 08 Mei 2017 00:00
5 Mei 2017 - Expo Nasional 2017 EWINDO tahun ini bertemakan "Lebih Dekat dengan Sahabat". Dihadiri 700 petani dari seluruh Indonesia dan 2.100 pengunjung penggiat pertanian, kegiatan di dalamnya selain adanya peluncuran benih varietas baru juga menampilkan 90 varietas sayuran berkualitas serta konsultasi dan tukar pikiran budidaya sayuran tropis.
 
 Di kesempatan ini, EWINDO meluncurkan lima varietas unggul sayuran yang diselenggarakan pada 4-5 Mei di Purwakarta, Jawa Barat. "Lima varietas unggul tersebut meliputi tomat varietas OPTIMA F1 dan ULTIMA F1, terong varietas YUVITA F1 dan HITAVI F1, dan cabai besar varietas BAJA F1 yang lebih unggul terhadap serangan virus gemini dan produksinya lebih tinggi rata-rata 25 persen dari varietas lain," kata Glenn."Kami terus melakukan riset dan pengembangan untuk mendapatkan varietas unggul yang tidak hanya tahap terhadap serangan penyakit tanaman tetapi juga mampu memberikan hasil panen lebih banyak. Harapan kami varietas baru ini dapat memenuhi kebutuhan para petani akan benih yang bermutu dan memberikan hasil yang maksimal," tambah Glenn. Benih tomat produksi Ewindo selama ini menjadi market leader tetapi karena sudah ada OPTIMA F1 dan ULTIMA F1 yang lebih memiliki resistansi terhadap penyakit nantinya akan menggantikan varietas yang sudah ada sebelumnya. Begitu juga dengan cabai, virus Gemini selama muncul selama musim hujan, salah satu kegagalan panen cabai beberapa waktu lalu juga disebabkan virus ini, untuk itu dikeluarkan varietas baru yang tahan penyakit sehingga ke depannya kebutuhan cabai nasional dapat dipenuhi. Terkait penyelengaraan Expo 2017, Adam Yeblo petani asal Tabrauw, Papua Barat mengatakan, sangat senang betanam benih sayuran karena selalu mendapat bimbingan teknis dari tenaga penyuluh lapangan agar produksinya menjadi lebih baik. Bahkan dalam acara tersebut juga dihadiri anggota TNI yang juga petani Lambertus Engga yang mengaku ingin memotivasi warga Manggarai untuk bertanam sayuran seperti buncis, tomat, dan cabai, seluruhnya di pasarkan di kawasan wisata Labuan Bajo.
 
Selain itu, EWINDO juga memperkenalkan aplikasi yang dinamakan Sipindo untuk memudahkan petani dalam bercocok tanam sayuran. Aplikasi berbasis Android ini memiliki banyak fitur seperti pola tanam, info iklim, kesuburan tanah, penyakit, sampai kepada harga di pasar secara real time. Dengan adanya aplikasi Sipindo, baik petani, penyuluh, pedagang, dan pembeli bisa mendapatkan informasi lebih mendetil dan terhubung secara sistematik agar bisa saling menguntungkan.