PANAH MERAH

Sahabat Petani Yang Paling Baik

Bahasa id Indonesia

East-West Seed Raih Peringkat Pertama “Seed Index” dari seluruh dunia

Jumat, 26 Februari 2016 00:00
 
25 Februari 2016 | Bangkok, Thailand 
 
Meningkatkan akses petani terhadap lebih dari 800 varietas dari 37 tanaman sayuran hibrida berkualitas yang telah dihasilkan.‎
 
Meningkatkan akses petani kecil terhadap benih berkualitas adalah langkah utama untuk dapat menyediakan pangan bagi dunia secara berkelanjutan. East-West Seed menempati ranking pertama di “Access to Seeds Index” dalam dua dari tiga kategori yang dipublikasikan untuk pertama kalinya hari ini. Index ini mengukur dan membandingkan upaya dari perusahaan benih terkemuka di dunia dalam meningkatkan produktivitas petani skala kecil.
 
Index dikeluarkan oleh “Access to Seeds Index Foundation”, sebuah organisasi independen yang didanai oleh Bill & Melinda Gates Foundation dan Pemerintah Belanda. Index bertujuan untuk meningkatkan akses petani terhadap teknologi pertanian modern, varietas tanaman pangan yang lebih produktif dengan mendekatkan jarak antara perusahaan benih dan petani-petani kecil.
 
Bill Gates, saat berbicara di dalam sebuah forum tentang inovasi, menekankan akan pentingnya pertanian dalam mencapai kemakmuran global: "Lebih dari 70% orang miskin di dunia adalah petani. Mereka memiliki tanah yang kecil, sangat sedikit informasi, benih yang kurang berkualitas, tidak banyak pengakuan, dan bertahan apa adanya. Perubahan cuaca di masa yang akan datang akan menjadi lebih berat bagi mereka. Negara-negara yang telah makmur meningkatkan produktivitas pertanian mereka dengan cukup dramatis."
 
Pada tahun 2050 diperkirakan dunia membutuhkan 70% lebih banyak makanan untuk memberi makan sembilan miliar populasi, dengan kondisi di mana hanya sedikit air dan tanah yang tersedia. Satu-satunya cara untuk mencapai hal ini adalah dengan meningkatkan produktivitas pertanian, lebih banyak panen dari lahan dan sumber daya yang sedikit, dan cara yang lebih ramah lingkungan dalam memproduksi makanan.
 
Ido Verhagen, Direktur Eksekutif dari Access to Seeds Foundation mengatakan: "Kami menyadari bahwa petani kecil mewakili peluang yang belum dimanfaatkan untuk memenuhi tantangan keamanan pangan global. Memberikan mereka akses ke benih berkualitas membuka potensi mereka untuk menghasilkan lebih banyak makanan untuk populasi dunia yang semakin meningkat."
 
East-West Seed memimpin di 2 dari 3 kategori indeks: 'Global Index untuk Perusahaan Benih Sayuran' dan 'Indeks Regional untuk Afrika Timur'. Index memuji komitmen  East-West Seed bagi petani kecil, yang merupakan hal nyata dalam  semua aspek bisnisnya termasuk pengemasan, distribusi, layanan pelanggan, penelitian dan pengembangan, transfer pengetahuan dan inovasi. Menurut laporan Index tersebut, East-West Seed memprioritaskan kebutuhan petani kecil dalam mengembangkan tanaman baik skala lokal maupun global.
 
CEO East-West Seed Mr. Bert van der Feltz mengatakan: "Kami sangat berterima kasih kepada Access to Seed Index Foundation yang mengutamakan petani kecil. Index merupakan barometer penting dari pengaruh industri benih pada petani kecil. Mereka adalah pendorong bisnis kami sejak East-West Seed didirikan pada tahun 1982. Hal ini penting untuk membantu petani kecil karena mereka adalah kunci untuk meningkatkan akses dunia pada makanan bergizi, dan mereka juga memberikan kontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi. Saat melakukan ini kita mencapai beberapa tujuan sekaligus: pendapatan petani meningkat, konsumen memiliki akses ke sayuran berkualitas tinggi, dan kami membangun bisnis benih yang menarik dan menguntungkan".
 
Meningkatkan pendapatan dan mata pencarian petani
Misi East-West Seed adalah untuk meningkatkan pendapatan dan mata pencarian petani kecil. Pendekatan unik dari bisnis East-West Seed ini meliputi:
 
Pemuliaan lokal untuk memenuhi permintaan lokal, menghasilkan lebih dari 800 varietas dari 37 tanaman sayuran
Penyuluh lokal yang melatih petani teknik menanam di Filipina, Thailand, Myanmar, India, Kamboja, Vietnam, Indonesia, Tanzania dan di beberapa negara Afrika Barat
Ketersediaan kemasan kecil benih (sekitar  $1 per kemasan) yang cocok dan terjangkau bagi petani kecil dengan lahan kurang dari 2 hektar, ini mewakili 85% kepemilikan lahan pertanian di dunia
 
 
Parameter penting
Index memberikan peringkat masing-masing perusahaan berdasarkan upaya mereka untuk meningkatkan akses terhadap benih. East-West Seed memimpin dari perusahaan-perusahaan lain di 5 parameter pengukuran: Kebijakan Publik & Stakeholder Engagement, Riset & Pengembangan, Pemasaran & Penjualan, Pembangunan Kapasitas dan Pengembangan Sektor Benih Lokal. 
 
Background information
 
Tentang Access to Seeds Index
Sumber: www.accesstoseeds.org
Klik Executive Summary of the Report 
 
Challenge
Feeding the growing global population is one of the most pressing challenges of the 21st century. Smallholder farmers in developing countries represent an untapped opportunity to meet that challenge. By improving the availability of quality seeds, coupled with the right agronomic practices, the seed industry can play a major role in stimulating agricultural and economic growth.
 
The Index
The Access to Seeds Index seeks to identify the extent to which seed companies are playing their part while encouraging them to enhance their role and responsibility. By matching the expectations of stakeholders in and around the seed industry with company performance, it helps to clarify the role that the seed industry can play and brings transparency to the contribution of individual companies. Through its findings, published in a report every two years, it contributes to an informed dialogue on how companies can step up their efforts. 
 
The Vegetable Seed Companies Global Index measures the performance of the top 10 vegetable seed companies. The Access to Seeds Index simultaneously publishes a list of Global Field Crop Seed Companies. Their business model differs from that of vegetable seed companies. The third list published today is a Regional Index for Eastern Africa, that will serve as a template to roll out to other regions.  
 
Inspired by the Access to Medicine Index
The Access to Medicine Index has successfully encouraged the pharma industry to contribute more to the world’s health needs. It showed that a multi-stakeholder Index can be the catalyst in unleashing the potential of an industry to be a part of the solution to global issues.
 
Tentang East-West Seed
 
East-West Seed adalah pemimpin pasar untuk benih sayuran tropis di Asia. Perusahaan keluarga ini telah berperan penting dalam mengembangkan dan meningkatkan varietas sayuran tropis di Asia Tenggara dan negara-negara tropis lainnya. Ketika seorang pengusaha benih berkebangsaan Belanda Simon Groot mendirikan perusahaan pada tahun 1982, ia ingin meningkatkan pendapatan petani kecil di daerah tropis melalui benih berkualitas tinggi. East-West Seed mengembangkan varietas sayuran yang disesuaikan dengan pasar dan kondisi penanaman tropis serta menghasilkan peningkatan panen dan produktivitas petani. Selain itu, perusahaan mendidik petani dan membantu mereka untuk memaksimalkan hasil panen dan pendapatan mereka melalui pengetahuan yang lebih baik tentang produksi sayuran.
East-West Seed adalah salah satu dari 10 perusahaan benih sayuran terbesar di dunia, dengan posisi terdepannya di negara-negara penting di Asia Tenggara serta ekspansi yang cepat di India, Myanmar, Vietnam dan sebagian Afrika dan Amerika Selatan. Pada 2016 East-West Seed mendapatkan peringkat nomor 1 di “Access to Seeds global Index” untuk kategori “Perusahaan Benih Sayuran” dan “Indeks Regional untuk Afrika Timur”.
East-West Seed berbasis di Thailand. Perusahaan ini mempekerjakan lebih dari 4.000 orang dan membangun lokasi 15 R & D di 7 negara. Perusahaan ini mengekspor ke lebih dari 60 negara tropis di dunia dan melayani lebih dari 18 juta petani di seluruh dunia.
 
Informasi lebih lanjut: 
 
Europe & Africa:
Maaike Groot
maaike.groot@eastwestseed.com
 
Asia:
Francine Sayoc
francine.sayoc@eastwestseed.com
 
www.eastwestseed.com