PANAH MERAH

Sahabat Petani Yang Paling Baik

Bahasa id Indonesia

Dari Marunda Untuk Indonesia

Jumat, 15 Agustus 2014 00:00

Ewindo  luncurkan  program  pertanian  perkotaan  untuk  menopang kebutuhan  pangan sehat dan perekonomian keluarga.

Jakarta, Indonesia - PT East West Seed Indonesia (Ewindo) bersama Kelompok Tani Marunda Hijau  meluncurkan program Marunda Hijau bersama Panah Merah dengan tema “Membangun ekonomi dan mencerdaskan masyarakat melalui pertanian”.  Ratusan penduduk Rusunawa Marunda dan undangan yang mewakili unsur pemerintahan, dinas terkait, serta berbagai lembaga pendukung kegiatan, hadir pada acara yang berlangsung pada Jum’at, 15 Agustus 2014 ini.

Managing Director Ewindo, Glenn Pardede, dalam sambutannya mengungkapkan bahwa, tahun 2050 dunia akan mengalami krisis pangan. Indonesia sendiri saat ini masih mengimpor sayuran.  Lahan  sayuran  yang  ada saat ini sekitar 1 juta hektar. Potensi urban farming di Indonesia masih  sangat  besar. Menurut data Kementrian Pertanian dari 10,3 juta hektar lahan pekarangan yang belum dimanfaatkan, lebih dari 30 persen ada di perkotaan. Lahan 3 juta hektar ini bila dioptimalkan untuk bercocok tanam dapat meningkatkan ekonomi masyarakat, memenuhi ketersediaan sayuran sebagai sumber nutrisi sehat, mengurangi impor sayuran, menghijaukan lingkungan dan mengurangi dampak pemanasan global. “Program pertanian perkotaan ini diharapkan dapat menopang kebutuhan pangan sehat dan meningkatkan perekonomian keluarga,” kata Glenn.

Marunda Hijau, kata Glenn, akan menjadi proyek percontohan pertanian perkotaan (Urban Farming).  Ke depan, keberhasilan Marunda Hijau diharapkan dapat diterapkan pula di kota-kota lain di seluruh Indonesia. Dari Marunda untuk Indonesia, demikian tambah Glenn.

Pada kesempatan tersebut, diresmikan pula keberadaan Komunitas Panah Merah (KPM).  KPM merupakan wadah bagi masyarakat pecinta budidaya tanaman hortikultura.  Guna lebih menambah nilai manfaat bagi anggotanya, KPM menjalin kerja sama dengan Bank Bukopin, Card Connection dan Galeri Pos.  Setiap anggota KPM yang resmi memiliki kartu anggota, (Panah Merah Card Connection atau Panah Merah Visa Card) maka  akan memperoleh keuntungan:  mempunyai akun rekening di Bank Bukopin, kartu dalam bentuk debit card, bebas biaya bulanan administrasi kartu debit, dapat tarik tunai di ATM mana pun, memiliki E-banking dan Mobile Banking, mendapatkan asuransi bebas premi, diskon khusus di lebih dari 1500 merchant di Indonesia (www.cci.co.id), nonton gratis setiap hari Sabtu pada awal bulan di Planet Hollywood XXI Jakarta, dan keuntungan lainnya.

Panah Merah juga mengeluarkan produk benih unggul dalam kemasan praktis (personal pouch) yang cocok untuk masyarakat perkotaan.  Sementara ini tersedia 20 jenis benih, yaitu: seledri, mentimun, kangkung, jagung, paria, bayam merah, pakchoi, bunga celosia, cabe rawit, tomat, caisim, bunga matahari, cabe rawit, terung putih, selada hijau, terung ungu, bunga zinnia, bunga vinca, bunga salvia dan bawang merah.  Benih-benih dalam personal pouch tersebut dapat diperoleh melalui toko online Galeri Pos (http://benih.galeripos.com).