PANAH MERAH

Sahabat Petani Yang Paling Baik

Bahasa id Indonesia

Cap Panah Merah Gelar Festival Bawang Merah

Senin, 19 September 2016 00:00

Lombok 8 September 2016, Seiring dengan upaya peningkatan produksi bawang merah di Indonesia, EWINDO bersama Direktur Perbenihan Hortikultura, Direktorat Jenderal Hortikultura Kementrian Pertanian Sri Wijayanti Yusuf menghadiri Festival Bawang Merah dengan acara Panen Perdana Umbi bibit bawang merah varietas TUK TUK.

Dalam hal produksi bawang merah nasional, Pemerintah sendiri sudah menargetkan di tahun ini lebih dari 8000 ton untuk diekspor dan mengurangi impor bawang merah. Hal ini ditegaskan oleh Sri “Fluktuasi harga bawang merah disebabkan oleh terbatasnya umbi bibit berkualitas. Karena itu pula, pada tahun ini Pemerintah melalui Bulog mengimpor benih bawang sebanyak 1500 ton. Dengan adanya acara ini, “Kami mengapresiasi PT East West Seed Indonesia yang sudah menjadi ‘pioneer’ bawang merah dari biji” ujar Sri. EWINDO menjelaskan banyak sekali keuntungan dari budidaya bawang merah dari benih atau biji. Budidaya dengan biji akan membuat biaya transportasi yang lebih murah. Dalam hal penyimpanan, benih tahan maksimal waktu menyimpan 2 tahun dibanding dengan umbi hanya 2-4 bulan di dalam storage. Selain itu, efisiensi penggunaan benih bawang merah bisa maksimal karena dalam satu hektar hanya membutuhkan 5 kg dengan biaya sekitar Rp. 10 Juta. Dan yang menjadikan budidaya bawang merah dari benih/biji unggul adalah benih/biji tidak akan membawa penyakit seperti jamur atau virus dan dipastikan produksi akan lebih maksimal. 

 
Dalam kesempatan ini, EWINDO tidak hanya mengenalkan TUK TUK sebagai varietas bawang merah dari biji namun Varietas SANREN F1 juga diperkenalkan lebih luas. Varietas baru ini memiliki bentuk, warna, dan aroma yang cocok dengan selera pasar dan konsumen umumnya.  Glenn Pardede yang mewakili jajaran Direktur menegaskan “Inilah sumbangsih EWINDO dalam memacu pertumbuhan dan kemajuan bidang agro industri khususnya budidaya hortikultura di Indonesia dan kami harap dengan acara ini mendorong peningkatan kesejahteraan petani bawang merah”.