PANAH MERAH

Sahabat Petani Yang Paling Baik

Bahasa id Indonesia

East West Seed Dan Seminis Umumkan Kolaborasi Strategis Di Indonesia

Minggu, 13 Oktober 2013 00:00

Purwakarta, Indonesia - East-West Seed (EWS) dan Seminis meluncurkan sebuah kolaborasi eksklusif yang akan memperluas jangkauan produk benih yang ditawarkan oleh EWS untuk petani sayuran di Indonesia, membawa peluang baru untuk sektor produksi sayuran di Indonesia yang didominasi oleh petani skala kecil.


Kerjasama ini berlaku untuk cabai, tomat dan varietas benih sayuran lainnya, termasuk varietas cabai yang telah dikenal luas diregistrasi dengan nama "TM999", "Hot Chili" dan "Krida".


Varietas yang dikembangkan oleh Seminis sebelumnya didistribusikan oleh pihak ketiga. Awal Agustus 2013 produk-produk tersebut akan diluncurkan kembali di bawah merk East-West Seed "Cap Panah Merah" dan tersedia secara eksklusif di EWS. EWS akan menangani semua penjualan, pemasaran, promosi dan produksi produk-produk tersebut di dalam kerjasama ini.


"Kami sangat antusias melihat ketangguhan merek EWS di Indonesia dikombinasikan dengan kehebatan plasma nutfah Seminis. Kemitraan ini sekaligus akan menyatukan keahlian pemasaran dan bisnis kami dengan kehebatan portofolio produk – semuanya adalah upaya untuk lebih melayani petani pelanggan kami, "kata Glenn Pardede, Managing Director PT East West Seed Indonesia.


Peluang pertumbuhan sektor pertanian sayuran di Indonesia sangat besar. Menurut PBB-FAO, saat ini luas areal panenan sayuran adalah 1,05 juta hektar, menghasilkan 10 juta ton sayuran segar.


Konsumsi sayuran dalam negeri masih bisa jauh lebih baik. Indonesia, yang merupakan kepulauan terbesar di dunia memiliki jumlah penduduk 240 juta orang, terbesar di Asia Tenggara. Konsumsi sayuran di Indonesia rata-rata 40 kg per kapita per tahun, di bawah Asia Tenggara yang rata-rata 50-60 kg per kapita per tahun.


"Semakin banyak petani yang melihat potensi benih berkualitas akan berdampak pada produksi sayuran secara signifikan. Kemitraan distribusi ini akan memastikan jangkuan yang lebih baik dan efisien dalam menyediakan varietas benih sayur untuk petani di Indonesia. Hal ini sesuai dengan misi kami untuk menyediakan produk dan layanan inovatif yang membantu meningkatkan pendapatan petani dan meningkatkan pertumbuhan dan kualitas industri pertanian sayuran, "tambahnya.


"Kami sangat gembira dengan kesempatan untuk bermitra dengan EWS di Indonesia," kata Ben Hoodless, Seminis Asia Pacific Business Lead. "Fokus kami akan tetap memanfaatkan R&D kami untuk mengembangkan uji coba produk baru yang inovatif bagi petani Indonesia, serta mendukung mitra baru kami East-West Seed untuk memproduksi, memasarkan dan mendistribusikan benih berkualitas tinggi ke pasaran," tambahnya.


Selain kemitraan distribusi di Indonesia, kedua belah pihak East-West Seed dan Seminis akan tetap independen dan perusahaan yang terpisah.