PANAH MERAH

Sahabat Petani Yang Paling Baik

Bahasa id Indonesia

Pameran Nasional Panah Merah Expo 2014

Kamis, 12 Juni 2014 00:00

Purwakarta, Indonesia - Produsen benih sayuran tropis hibrida ‘Cap Panah Merah’ PT East West Seed Indonesia (Ewindo) menggelar Expo Nasional yang diikuti oleh sekitar 300 petani dari seluruh Indonesia. Acara yang diadakan rutin setiap tahun ini berlangsung dua hari 10 – 11 Juni 2014.

Managing Director Ewindo, Glenn Pardede, mengungkapkan bahwa Expo Nasional ini merupakan salah satu wujud keseriusan Ewindo dalam membantu mewujudkan kemajuan sektor hortikultura nasional, yaitu melalui penyediaan benih dan pembinaan petani.  Para petani tidak hanya diperkenalkan dengan benih unggul berkualitas, tetapi juga dapat berkonsultasi, tukar pikiran dan mengetahui teknik budidaya sayuran.

Dalam acara ini Ewindo menampilkan sekitar 100 varietas sayuran unggul berkualitas. Diantaranya adalah varietas tanaman yang tahan terhadap serangan virus Gemini seperti tomat, timun dan kacang panjang. Tidak hanya tahan terhadap virus dan penyakit lainnya, kemampuan produksi tanaman tersebut juga lebih tinggi rata-rata 25 persen dibanding varietas lainnya.

Glenn menerangkan bahwa untuk menemukan benih-benih unggul yang tahan terhadap serangan virus Gemini dan sekaligus mampu berproduksi tinggi tersebut memerlukan investasi yang cukup besar. Selain itu, untuk mendapat varietas-varietas unggul tersebut diperlukan waktu penelitian yang cukup panjang, yaitu rata-rata 5 tahun.

“Kami terus melakukan riset dan pengembangan untuk mendapatkan varietas unggul yang tidak hanya tahan terhadap serangan penyakit tanaman tetapi juga mampu berbuah lebih banyak. Harapan kami varietas baru ini dapat memenuhi kebutuhan para petani akan benih yang bermutu dan tentunya memberikan hasil yang maksimal,” ungkap Glenn.

Pada Expo Nasional yang digelar di pusat riset dan pengembangan benih Ewindo di Purwakarta ini, para petani memperoleh kesempatan untuk berdiskusi langsung dengan para ahli budidaya dan penyakit tanaman dari Ewindo. Selain itu, para petani dapat bertukar pengalaman dengan petani dari daerah lain untuk menambah wawasan.  Diharapkan petani yang ikut serta dalam Expo Nasional ini dapat menularkan ilmu yang didapat kepada petani lain di daerahnya masing-masing.

Hingga tahun ini Ewindo telah bermitra dengan lebih dari 10 juta petani di Indonesia, dari Aceh hingga Papua. Tidak hanya membantu penyediaan benih unggul, Ewindo juga mendampingi petani selama proses budidaya, mulai dari rencana tanam, persiapan lahan, penanaman, panen hingga pasca panen.