PANAH MERAH

Sahabat Petani Yang Paling Baik

Bahasa id Indonesia

Tutorial Tanam Cabai

Tutorial Tanam Cabai
Senin, 14 Desember 2015 00:00
Persemaian adalah penyesuaian kondisi benih agar didapati benih akan tumbuh subur sampai menjadi bibit. Untuk mendapatkan bibit cabai yang sehat tidaklah sulit, kalian hanya mempersiapkan medianya berupa tanah, pupuk kandang dan arang sekam dengan perbandingan 1:1:1. Setelahnya, anda bisa menyimpan media tersebut ke dalam pot tray atau polybag. Hal ini memudahkan mengatur benih agar lebih mudah ditata dan memindahkannya. Perawatan saat penyemaian sangat muda, kalian hanya pastikan sinar dan penyiraman yang cukup. Umur persemaian tanaman cabai berkisar 25-30 hari. Agar kesehatannya terjaga, anda bisa memberikan pupuk daun, fungisida, atau insektisida dengan dosis rendah.
 
Setelah mencapai umur persemaian, tanaman cabai bisa dipindahkan ke pot, polybag atau wadah yang lebih besar. Pagi atau sore hari adalah waktu yang baik untuk pemindahan tanaman dari lokasi penyemaian. Bibit cabai yang telah tumbuh dan memiliki 4-5 helai daun cocok dipindahkan ke media yang lebih besar. Saat pemindahan dari media semai ke penanaman, tempatkan batang leher ditengah-tengah lubang dengan batas leher batang.
 
Setelah fase penanaman, kita harus memberikan perawatan tambahan hingga nanti masa panen agar kualitas dan kuantitasnya terjaga. Salah satu perawatannya bisa dimulai dari penyiraman untuk menghindari kekeringan. Pastikan agar media tanam selalu lembab namun tidak terlalu banyak diberikan air (becek). Setelah penyiraman, berikan pupuk organik atau anorganik selama 7-10 hari sekali terhitung setelah penanaman (sesuai anjuran). Hal terakhir yang harus diwaspadai adalah hama dan penyakit. Perlindungan tanaman bisa dengan cara manual, kimia, biologis ataupun kultur jaringan. Hal terpenting dalam menjaga tanaman adalah kebersihan lingkungan sekitar tanaman agar terhindar dari gulma, hama atupun penyakit. 
Anda juga bisa menyimak tutorial menanam cabai di youtube (https://www.youtube.com/watch?v=3_PTLjUXXy0)
Unduh: (4KB)