PANAH MERAH

Sahabat Petani Yang Paling Baik

Bahasa id Indonesia

Tips Menyimpan Sayuran lebih segar di Lemari Es

Tips Menyimpan Sayuran lebih segar di Lemari Es
Senin, 11 Juli 2016 00:00
Mengkonsumsi sayuran segar pastinya disukai oleh semua orang. Disamping rasa yang enak, warna dan teksturnya mampu menggugah lebih selera anda. Peran teknologi sudah membuat semua hal menjadi mudah dan dalam hal menjaga kesegaran sayuran lemari es lah yang menjadi pilihan untuk menjaga sayuran efektif. Lalu, apakah hanya langsung masukkan sayuran –sayuran saja agar tetap segar? ada beberapa tips sederhana yang bisa anda lakukan untuk memaksimalkan kesegaran sayuran anda di dalam lemari es.
1. Bungkus sayuran anda dengan kertas
Dengan menggunakan kertas, sayuran anda bisa lebih terjaga kesegarannya dan tidak mudah menjadi kuning.
 
2. Cuci dahulu sebelum memasukkan sayuran ke kulkas
Sayuran yang berasal dari pasar atau panen langsung dari lahan kemungkinan masih terdapat bakteri atau material kotor yang menempel. Hal ini akan berdampak mudahnya sayuran menjadi layu dan menguning. Jadi mulai saat ini, pastikan cuci dahulu sayuran anda di air yang mengalir sebelum memasukkannya ke dalam kulkas.
 
3. Hindari menyimpan sayuran bersama bawang merah atau bawang putih
Bawang merah atau bawang putih mengandung gas yang tinggi dan bau yang menyengat. Selain membuat kulkas anda beraroma bawang merah atau putih, gas terkandung mampu mempercepat proses layu dari sayuran di dalam kulkas. Maka dari itu, disarankan untuk menyimpan bawang merah atau putih di ruangan tidak di kulkas bersama sayuran.
 
4. Jaga kebersihan kulkas
Banyaknya bahan makanan di dalam kulkas anda maka anda harus lebih waspada dengan bahan makanan yang cepat kadaluarsa. Bahan makanan yang sudah kadaluarsa pastinya akan membuat bahan makanan lainnya tidak segar dan bau. Selalu bersihkan bahan makanan yang sudah kadaluarsa juga sisa-sisanya agar tidak membusuk di dalam kulkas.
 
5. Lubangi plastik sayuran
Sayuran yang dikemas plastik pastinya mendapatkan hanya sedikit udara di dalamnya. Dalam keadaan tertutup, sayuran bisa kehilangan kesegarannya. Bila anda tidak ingin melepaskan sayuran dari kemasan plastiknya, anda bisa melubangi plastik sayuran anda agar sirkulasi udara lancar
 
Semoga tips kami bisa membantu anda untuk bisa terus mengkonsumsi sayuran segar agar tetap terjaga nutrisi dan rasanya. Selamat mencoba