PANAH MERAH

Sahabat Petani Yang Paling Baik

Bahasa id Indonesia

Bercak Ungu

Bercak Ungu
Rabu, 23 April 2014 00:00

Agen pembawa: Alternaria porri

Gejala:
Gejala awal dapat dilihat dari munculnya luka berair di permukaan daun. Seiring dengan berkembangnya gejala, bercak membesar

Agen pembawa: Alternaria porri

Gejala:
Gejala awal dapat dilihat dari munculnya luka berair di permukaan daun. Saat gejala berkembang luka tersebut berubah warna dari coklat ke ungu. Pinggiran luka seringkali kemerahan atau ungu dan dikelilingi lingkaran kuning. Pada cuaca lembab, permukaan luka dapat tertutup oleh spora coklat hingga abu-abu gelap. Untuk luka bercak ungu dapt terinfeksi jamur Stemphylium vesicarium dan berubah warna menjadi hitam dengan massa spora dari jamur tersebut.

Pengendalian penyakit:
Strategi pengendalian secara budidaya dapat dilakukan dengan mengurangi kerimbunan tanaman dan meningkatkan drainase air untuk mengurangi tingkat kebasahan.Ketika penyakit ini muncul, rotasi tanaman dalam jangka waktu lama sangat direkomendasikan. Pencegahan preventif dapat dilakukan dengan mengaplikasikan fungisida berbahan aktif chlorothalonil, iprodione, mancozeb, maneb, dan vinclozolin yang dapat mengurangi keparahan bercak ungu. Alternatif pengaplikasian bahan aktif fungisida disarankan untuk mencegah kekebalan (Extension Plant Pathology Arizaona)