PANAH MERAH

Sahabat Petani Yang Paling Baik

Bahasa id Indonesia

Makanan – Makanan Pengganti yang Cocok untuk Mengisi Cairan Tubuh Saat Musim Kemarau

Makanan – Makanan Pengganti yang Cocok untuk Mengisi Cairan Tubuh Saat Musim Kemarau
Kamis, 10 Desember 2015 00:00

Saat ini cuaca semakin hari semakin panas. Dengan semua kegiatan dan jadwal yang padat, tidak mustahil orang-orang terganggu karena mereka cepat kehilangan cairan tubuh. Hal ini memang sangat penting dimana masyarakat Indonesia hidup hanya dua musim ditambah tahun ini mereka harus menghadapi musim kemarau panjang. Masih banyak orang-orang tidak bisa memenuhi standar kebutuhan cairan tubuh per harinya. Jadi makanan alternatif apa yang mungkin bisa memenuhi kebutuhan cairan anda per harinya? Berikut info yang dikutip dari detik.com

1.       Selada 

Selada adalah sayuran yang memiliki kandungan air yang tinggi sekitar 96% dibandingkan dengan jenis sayuran- sayuran lainnya. Meskipun nutrisi yang terkandung tidak terlalu banyak, selada memiliki kandungan vitamin A dan bisa setidaknya memenuhi 80% dari kebutuhan cairan tubuh kita per hari. Ada banyak cara menarik untuk menikmati selada. Bila anda ingin melakukan diet sehat maka selada cocok menjadi salad dengan ditambah minyak zaitun agar lebih nikmat. Disamping itu, kita bisa mengkonsumsi langsung sayuran selada untuk dijadikan lalapan, burger ataupun smoothies.

 

2.       Timun

Timun memang terkenal dengan kesegaran alaminya. Hal ini disebabkan timun memiliki kandungan air yang mencapai 95%. Zat pythonutrients yang terkandung pada timun yang berguna sebagai pemberi rasa, warna dan pertahanan alami terhadap penyakit mampu memberikan tubuh kekebalan tubuh, anti kanker dan anti inflamasi. Selain zat tersebut, dalam 1 mangkuk timun terkandung pula 8% kalori dan 10% vitamin K yang sesuai dengan asupan harian yang dianjurkan.

 

 

 

 

 

3.       Tomat

Tomat memiliki segudang kandungan baik didalamnya seperti karbohidrat, protein, lemak, vitamin A, B1, B2, B3, C, kalsium, fosfor, besi, natrium, kalium, serat dan air. Namun kandungan yang terkenal berasal dari tomat adalah Likopen. Likopen adalah senyawa yang berperan sebagai pemberi warna merah pada buah. Likopen sangat bermanfaat bagi tubuh manusia seperti mampu melindungi tubuh terhadap kanker, mengurangi kolesterol dan berperan sebagai antioksidan tubuh. Berbagai macam cara tersedia untuk menikmati tomat segar ini mulai dari bumbu masakan, sambal, saus, bahan dasar jus, ataupun dimakan langsung.

 

 

 

Sumber dari: http://food.detik.com/readindeks/2015/08/20/101620/2996302/900/2/saat-cuaca-panas-menyengat-cukupi-kebutuhan-cairan-tubuh-dengan-makanan-ini--1-